Tentang Kami

PROFIL SPN

 

SEJARAH

Keberadaan Kepolisian Daerah Banten, tidak terlepas dari eksistensi Kepolisian Daerah Banten di bawah naungan Polda Jawa Barat yang terlebih dahulu menyediakan pelayanan kepada masyarakat Banten dan menyiapkan Provinsi Banten pada tanggal 4 Oktober 2000.

Kepolisian Daerah Banten membawahi wilayah hukum Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak dan Polres Cilegon, yang merupakan wilayah hukum Polda Jabar. Sementara Polres Tangerang tetap dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya. Seiring perkembangan Provinsi Banten dengan jumlah penduduk 4,3 juta jiwa pada tahun 2001, jumlah sementara Polwil Banten yang hanya 1980 orang, membuat kinerja Kepolisian kurang maksimal.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pada 26 September 2002 Staf Polwil Banten melakukan pengkajian / Telaahan Staf tentang rencana pengembangan Polwil Banten menjadi Polda Banten dan hasil disampaikan kepada Mabes Polri untuk dipelajari lebih lanjut. Terkait rencana pengembangan Polwil Banten, pihak Provinsi Banten mendukung penuh dengan DPRD Provinsi Banten menyediakan lahan seluas 11 Ha di Desa Curug, Kecamatan Cipocok Jaya, Kabupaten Serang yang dialokasikan untuk pembangunan Markas Polda Banten. Atas dukungan Mabes Polri dan Polda Jabar, pada tanggal 14 Juli 2003 dilaksanakan upacara peletakan batu pertama pembagunan Mapolda Banten oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Dadang Garnida. Tahap berikutnya, Polwil Banten membuat pokja untuk menyiapkan Pataka dan Lambang Kesatuan Polda Banten yang sesuai dengan aspirasi masyarakat Provinsi Banten.

Selanjutnya deskripsi lambang dan pataka Polda Banten dipaparkan secara ilmiah dihadapan para petinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta.

Akhirnya melalui Surat Keputusan Kapolri No.Pol: Skep / 07 / I / 2004 tanggal 7 Januari 2004 pendirian Polda Banten disetujui Kapolri dan pada tanggal 12 Januari 2004, kapolri Jenderal Drs. Da’i Bachtiar melantik Kombes Pol Drs. H. Abdurachman sebagai Kapolda Banten. Upacara pelantikan ditandai dengan diberikannya Pataka Polda Banten “Gawe Kuta Baluarti” dan Lambang Kesatuan Polda Banten “Kepala Harimau Putih”.

 

VISI

MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN POLRI YANG BERNUANSA ASRI, NYAMAN DAN BERSAHABAT DENGAN PEMBERDAYAAN 8 STANDAR PENDIDIKAN / LATIHAN GUNA MENGHASILKAN

 

MISI

Misi SPN kedepan yang akan dicapai adalah sebagai berikut :

  • Pemberdayaan sumber daya manusia Polri siswa dan peserta pelatihan dalam membangun nuansa lembaga pendidikan Polri yang asri, nyaman dan bersahabat.
  • Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tenaga pendidik/tenaga kependidikan dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan pengasuhan yang profesional, proporsional dan tepat sasaran.
  • Pemberdayaan komponen pendidikan dan pelatihan dalam menjamin dinamika pelaksanaan pendidikan dan pelatihan agar lebih berhasil dan berdaya guna.
  • Memelihara dan merawat fasilitas pendidikan dan latihan guna menjamin operasionalisasi dan memperpanjang usia pakai. Menjalankan transparansi pendidikan dan pelatihan.
  • Menjalin kerjasama seluruh keluarga besar Sekolah Polisi Negara Mandalawangi dan komponen masyarakat dalam membangun kepercayaan kemitraan masyarakat dan pelayanan prima dibidang pendidikan dan pelatihan.
top
© 2019 - SPN Mandalawangi Polda Banten. Dukungan Web: Krisdian Yunliono, A.Md
X